NTT
Destinasi
4 Hari/3 Malam
Durasi
hotel Ela di Sumba Barat dan Hotel Padadita Beach di Sumba Timur, hotel sinar tambolaka di Sumba barat daya dan Hotel Elfin di Sumba Timur
Pilihan Hotel
Desember 2019
Validitas Harga

Paket Wisata Sumba (4D/3N) di Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal dengan padang savana, atraksi budaya Pasola, dan perkampungan tradisional yang masih asli.

Selain itu, pulau yang memiliki keunikan alam ini memiliki kawasan Taman Nasional (TN) Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (MataLawa).

Bahkan, kawasan Nihiwatu di mana terdapat hotel terbaik di dunia tahun 2016 menjadi tempat berlibur wisatawan mancanegara.

Jika Anda berpetualang ke Pulau ini, bersiaplah menemukan keunikan-keunikan tersendiri, mulai dari kuda liar yang hidup di padang savana, pengembalaan kerbau dan sapi secara liar.

Ditambah lagi perkampungan-perkampungan tradisional yang langka dengan penduduk asli yang menganut agama asli yang hidup di pegunungan dan lembah yang disebut kepercayaan Marapu.

Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya 10.710 km², dan titik tertingginya Gunung Wanggameti (1.225 m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. Selat Sumba terletak di utara pulau ini. Di bagian timur terletak Laut Sawu serta Samudra Hindia terletak di sebelah selatan dan barat.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini sendiri terdiri dari empat kabupaten: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Kota tersebut juga terdapat bandar udara dan pelabuhan laut yang menghubungkan Pulau Sumba dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia seperti Pulau Sumbawa, Pulau Flores, dan Pulau Timor.

Sebelum dikunjungi bangsa Eropa pada 1522, Sumba tidak pernah dikuasai oleh bangsa manapun. Sejak 1866, pulau ini dikuasai oleh Hindia Belanda dan selanjutnya menjadi bagian dari Indonesia.

Masyarakat Sumba secara rasial merupakan campuran dari ras Mongoloid dan Melanesoid. Sebagian besar penduduknya menganut kepercayaan animisme Marapu dan agama Kristen, baik Protestan maupun Katolik. Kaum muslim dalam jumlah kecil dapat ditemukan di sepanjang kawasan pesisir. Paket Wisata Sumba (4D/3N)

INCLUDED

  • Transportasi darat Ac selama tour (Innova, max. 6 org dalam 1 mobil)
  • Akomodasi 2 malam di Sumba Barat dan 1 malam di Sumba Timur (twin/triple share)
  • Makan sesuai dengan program acara
  • Tiket wisata
  • Air mineral
  • Guide as driver
  • Bantal :Leher (Ongkir ditanggung tamu)

EXCLUDE

  • Tiket pesawat
  • Tipping guide
  • Asuransi perjalanan
  • Pengeluaran pribadi diluar dari paket program
  • Tambahan makanan & minuman diluar dari menu yang diberikan
  • Laundry, pengguna telpon dan fasilitas hotel yang bersifat membayar diluar dari paket yang diberikan
1

Hari 1: Sumba Barat (L/D)

Setibanya anda di Bandara Tambolaka, anda akan bertemu dengan team kami. Dan anda akan menuju rumah makan lokal untuk makan siang. Setelah makan siang, anda akan menuju Kampung Adat Manola. Di Kampung ini terdapat 26 rumah besar dan  113 kubur batu tua berukuran besar dan kecil yang sudah berumur ratusan tahun. Seluruh rumah bermenara terbuat dari alang-alang dan bahan lain yang diambil dari alam. Setelah itu, anda akan menuju Bukit Lendongara. Dibukit ini anda akan disuguhi pemandangan perbukitan yang ditumbuhi rerumputan bak layaknya  seperti dalam film teletubis. Dan dilanjutkan ke Pantai Mananga Aba atau Pantai Kita. Di pantai ini, anda akan disuguhi bentangan pasir putih meluas dan suasana pantai yang sunyi dan tenang. Setelah itu, anda akan menuju hotel, check in dan acara bebas. Tepat jam 19:00, anda akan dijemput untuk makan malam di rumah makan lokal. Setelah makan malam kembali ke hotel untuk istirahat.

2

Hari 2 : Sumba Barat (B/L-Box/D)

Setelah sarapan, hari ini anda akan kami ajak untuk full day tour dimulai dari Tanjung Mareha. Tanjung Mareha ini terletak di antara Pantai Watu Maladong dan Pantai Bwana, sehingga dari atas Tanjung  ini anda dapat melihat keindahan 2 pantai yaitu Pantai Watu Maladong dan Pantai Bwana. Setelah itu, anda akan menuju Kampung Adat Ratenggaro. Di Kampung ini, anda akan melihat rumah adat dengan menara yang menjulang tinggi mencapai kurang lebih 15 meter dan di kampung ini juga terdapat kurang lebih 304 buah kubur batu dan 3 diantaranya berbentuk unik yang terletak dipinggir laut. Dan setelah itu, anda akan menuju ke Pantai Pero. Pantai Pero ini terkenal dengan pantai pelabuhan nelayan. karena disekitar pantai terdapat kampung nelayan yang sehari-harinya aktivitasnya menangkap ikan sebagai mata pencaharian. Pantai Pero ini memiliki ombak yang besar sehingga para penggemar surfing menyukai tempat ini. Dan setelah itu, anda akan menuju ke Danau Waekuri. Danau Waekuri merupakan salah satu landmark dari Sumba, danau yang sangat luas dan airnya adalah air payau. Setelah itu, kembali ke hotel. Jam 19:00 anda akan dijemput untuk makan malam di rumah makan lokal. Setelah makan malam, kembali ke hotel untuk istirahat.

3

Hari 3 : Sumba Barat-Sumba Timur (B/L-Box/D)

Setelah sarapan, anda akan check out dari Sumba Barat dan anda akan menuju ke Kampung Praijing. Kampung Praijing ini merupakan kampung adat yang paling terkenal di Sumba Barat. Di Kampung ini terdapat 38 rumah tradisional khas Sumba. Kampung Adat Praijing sesuai aturan adat warga Praijing maka setiap tingkatan rumah yang dibangun  memiliki perannya masing-masing. Bagian bawah digunakan untuk hewan ternak, bagian tengah ditempati oleh penghuni rumah dan bagian atasnya sebagai tempat menyimpan makanan dan benda-benda pusaka. Setelah itu, anda akan mengunjungi Air Terjun Lapopu. Air Tejun Lapopu ini merupakan air terjun tertinggi di NTT. Air terjun ini merupakan air terjun bertingkat dan air terjun ini digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro masyarakat setempat. Dan setelah itu, dilanjutkan menuju ke Bukit Wairinding. Di Bukit Wairinding ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati  Sumba Timur dari ketinggian. Hamparan padang savana yang terhampar luas berwarna kuning saat musim kemarau dan berwarna hijau pada saat musin hujan. Dan setelah itu, anda akan menuju Pantai Walakiri. Di pantai ini anda akan disuguhi deretan pohon kelapa dipinggirnya , dengan hamparan pasir putih yang luas dan lautnya yang biru dan di sebelah baratnya terdapat pohon bakau yang tersusun rapi yang dapat dijadikan spot foto terbaik. Setelah itu, anda akan menuju hotel untuk check in. Jam 19:00 anda, akan dijemput untuk makan malam. Setelah makan malam, kembali ke hotel dan istirahat.

4

Hari 4 : Sumba Timur (B)

Setelah sarapan, anda akan check out. Dan anda akan diajak menuju ke Savana Purukambera. Di Savana Purukambera ini, anda dapat melihat kuda liar di alam bebas dan suasana di tempat ini bak serasa di alam Afrika. Setelah itu, anda akan diajak untuk mengunjungi pusat toko oleh-oleh khas Sumba. Dan setelah itu, anda akan mengunjungi Bukit Persaudaraan. Di bukit ini anda akan disuguhi pemandangan perbukitan dan persawahan penduduk yang menghampar luas indah. Dan setelah itu, anda akan diantar menuju bandara dan trip selesai.

Paket wisata sumba nusa tenggara timur
Paket wisata sumba nusa tenggara timur
Paket wisata sumba nusa tenggara timur
Paket wisata sumba nusa tenggara timur
Paket wisata sumba nusa tenggara timur
Paket wisata sumba nusa tenggara timur