Tips Wisata Kuala Lumpur
Tips Wisata Kuala Lumpur

Berkunjung ke Malaysia tidak lengkap kalau Sahabat tidak singgah dan menghabiskan beberapa hari untuk berkeliling dan wisata kuliner di ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Meskipun lebih mahal daripada bagian lain dari Malaysia, jangan khawatir Asia Wisata akan berbagi Tips Wisata Kuala Lumpur agar liburan Sahabat lebih seru dan super hemat.

Campuran budaya yang ada di Kuala Lumpur (India, Cina, Melayu, dan Barat) menciptakan perpaduan unik dari makanan, belanja, dan kehidupan malam. Kuala Lumpur adalah salah satu  kota terbaik di dunia untuk makanan India (di luar India).

1⃣ Biaya Umum – Tips Wisata Kuala Lumpur

Penginapan – kamar home stay biasanya kisaran 20-45 MYR. Sedangkan anggaran harga hotel mulai sekitar 55 MYR per malam  kamar standart dengan WiFi dan sarapan gratis. Ini mungkin akan mencakup AC juga. Untuk sebuah hotel dengan kolam renang, setidaknya 100 MYR per malam. Untuk hotel yang lumayan terkenal, harga mulai sekitar 225 MYR per malam. Namun Sahabat tidak perlu khawatir karena di kota ini juga bisa dicari di Airbnb, dengan akomodasi bersama mulai sekitar 55 MYR per malam dan seluruh apartemen mulai sekitar 100 MYR per malam.

Rata-rata biaya makananStreet food biasanya di bawah 10 MYR per porsi. Makanan lokal di restoran harga antara 5-15 MYR per porsi. Jika Sahabat pergi ke sebuah restoran menengah dengan lebih, makan dengan minuman dikenakan harga sekitar 35 MYR. Sedangkan makanan Barat lebih mahal daripada makanan lokal, namun paket combo makanan cepat saji Barat hanya biaya sekitar 15 MYR. Bir di bar tidak boleh lebih dari 15 MYR, sementara kopi akan menjadi sekitar 5 MYR.

Biaya transportasi – transportasi umum Kuala Lumpur sangat baik. Bus mulai 1 MYR, sedangkan LRT (kereta bawah tanah) dan biaya monorail antara 2-35 MYR, tergantung pada jarak. Untuk perjalanan antarkota, bus dari KL ke Singapura akan biaya sekitar 70 MYR sementara penerbangan, akan lebih dekat dengan 200 MYR. Sebuah kereta api dari KL ke Bangkok sekitar 200 MYR, sementara penerbangan untuk jarak yang sama akan hampir 500 MYR.

Saran anggaran harian – 110-150 MYR / $ 30-45 USD (Catatan: Ini adalah anggaran yang disarankan dengan asumsi Sahabat tinggal di hostel/homestay, makan streetfood, meminimalkan minum kopi di coffeeshop, dan menggunakan transportasi lokal. Selanjutnya Asia Wisata akan berikan kiat-kiat untuk menghemat biaya saat melakukan perjalanan ke Kuala Lumpur!

2⃣ Tips Hemat Wisata Kuala Lumpur

⭐ Berbelanja di Lot 10

Lot 10 adalah salah satu mal paling populer di wilayah Bukit Bintang. Dibuka untuk umum sejak 1990, yang mulanya merupakan mall untuk warga kelas atas Kuala Lumpur. Lot 10 adalah pusat perbelanjaan yang sangat menonjol oleh warna bangunan hijau mencolok dan arsitektur interior modern. Mal ini terletak di sepanjang Bintang Walk, kira-kira antara Fahrenheit88 dan BB Plaza & Sungei Wang Plaza. Dalam Lot 10 pengunjung dapat menemukan sekitar 100 toko untuk kelas menengah ke atas seperti Debenhams, toko National Geographic dan Guess unggulan. Anda juga akan menemukan Isetan Department Store bangunan (versi Jepang dari Harrods) dalam mal ini.

Tips Wisata Kuala Lumpur

⭐  Mengeksplorasi dan berkeliling kota dengan jalan kaki

Mengunjungi Chinatown dan Little India, situs wisata yang terletak bersebelahan sehingga  mudah dieksplorasi dalam satu hari tanpa menghabiskan uang untuk transportasi. Sahabat juga bisa menginap di Chinatown inidengan biaya yang terbilang lebih murah dan memiliki beberapa atraksi.

Tips Wisata Kuala Lumpur

Little India di Malaysia ini selalu ramai. Saat berkunjung ke sini Sahabat akan langsung disambut oleh dekoarasi yang khas dan  warna-warni yang sangat menakjubkan. Sahabat juga akan menemukan toko penjual gelang kaca yang tersebar. Bahkan ada toko-toko yang menjual permen tradisional India, savouries, dan sebagainya.

Di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba nasi daun pisang yang terkenal. Nasi daun pisang ini  adalah nasi, berbagai jenis sayuran, daging dan kuah kari yang disajikan menggunakan daun pisang. Untuk menikmati layaknya tradisi India, maka Sahabat disarankan untuk makan dengan tangan langsung bukan menggunakan sendok. Jika Sahabat melewati kios-kios yang menjual makanan ringan India, jangan lupa untuk mencoba samosa, Vadai dan Ghulab jamun. Kemudian juga da minuman khas yaitu Lassi mangga.

Tips wisata kuala lumpur

3⃣ Wisata Atraksi-Atraksi yang Disajikan Kuala Lumpur

⭐ Menaiki Menara Petronas

Berdiri pada ketinggian 451m pada menara kembar yang mendominasi langit Kuala Lumpur. Pengunjung dapat menikmati pemandangan dari dek jembatan yang menghubungan dua menara pada tingkat 41 dan 42. Masuk ke menara akan dikenakan biaya 85 MYR untuk orang dewasa dan 35 MYR untuk anak-anak, dan hanya ada sejumlah tiket per hari sehingga Sahabat disarankan untuk berada di sana lebih awal. Kembali pada malam hari untuk melihat mereka berdua semua menyala untuk mendapatkan foto yang indah.

Tips Wisata Kuala Lumpur

⭐ Mengunjungi Museum Nasional Malaysia

Museum Nasional adalah tempat yang bagus untuk membiasakan diri dengan sejarah dan budaya Malaysia. Artefak termasuk tengkorak manusia berusia 40.000 tahun dan koin emas delapan sisi. Masuk ke museum harus membayar 5 MYR untuk orang dewasa asing, dan anak-anak di bawah 12 masuk secara gratis.

Tips Wisata Kuala Lumpur
Museum Sejarah Nasional

 

Tips Wisata Kuala Lumpur
Museum Textile

⭐ Mengunjungi Sri Mahamariaman

Kuil Sri Mahamariamman adalah candi Hindu tertua di Kuala Lumpur, Malaysia. Didirikan pada tahun 1873, itu terletak di tepi Chinatown di Jalan Bandar (sebelumnya High Street). Pada tahun 1968, struktur baru dibangun, yang menampilkan ‘Raja gapura’ dalam gaya kuil India Selatan. Dari awal, kuil disediakan tempat yang penting ibadah bagi imigran India awal dan sekarang menjadi warisan budaya dan nasional yang penting.

Dibangun dalam gaya India Selatan, Fitur yang paling menonjol candi adalah mengesankan gopuram 5-tier (tower). Ini adalah struktur tertinggi di kuil. Dramatis 22.9m (75ft) tinggi piramida berbentuk menara gerbang dihiasi dengan penggambaran dewa Hindu dipahat oleh seniman dari India selatan. Kepala patung adalah almarhum S. T. Muniappa dari Tamil Nadu dan dikreditkan untuk menciptakan 228 berhala di gopuram tersebut.

Tips Wisata Kuala Lumpur

⭐ Jelajahi Museum Seni Islam

Islamic Arts Museum ini memamerkan lebih dari 7.000 artefak dan memiliki perpustakaan yang luas teks-teks Islam dan seni. Terletak di Lake Gardens, museum besar di 9300 meter persegi. Dalam ruang yang luas ini Sahabat akan menemukan model skala terbesar di dunia dari Masjid al-Haram di Mekkah, 12 galeri, dan artefak termasuk porselen dan persenjataan. Untuk masuk museum ini akan dikenakan tarif sebesar 14 MYR untuk orang dewasa, 7 MYR untuk senior dan mahasiswa, dan bebas untuk anak-anak.

Tips Wisata Muslim

⭐ Mengunjungi dan terkagum akan keindahan Masjid Negara

Kuala Lumpur memiliki masjid negara yang sangat indah. Masjid ini diatur dalam 13 ekar taman dan memiliki kapasitas untuk menampung 15.000 orang. Fitur menonjol masjid biru kubah berbentuk payung terang dan 73m menaranya.

Tips Wisata Kuala Lumpur

⭐ Mendaki Gua Batu

Di kota pencakar langit dan ramai, itu cukup keren untuk keluar dan melihat keajaiban alam, yaitu Gua Batu. Setelah mendaki 272 anak tangga, Sahabat akan dihargai dengan besar patung Murugan emas dan pintu masuk ke terbesar dari tiga gua: Cathedral. Sahabat akan berdecak kagum pada langit-langit 100m-tinggi dan hiasan kuil Hindu tersebut. Tidak ada pungutan biaya, namun hati-hat karena banyak oknum yang menjual tiket palsu.

Tips Wisata Kuala Lumpur

⭐ Mengembara dan bersantai di Taman Kota

Tidak jauh dari Chinatown dan stasiun kereta api utama Sahabat akan menemukan sebuah taman kota.  Taman burung dapat ditemukan di sini serta Museum Seni Islam. Sahabat juga bisa menyewa perahu dan mengapung di danau.

Rangkaian aktivitas dan kunjungan di atas merupakan sebagaian dari destinasi yang ada di Kuala Lumpur, untuk menjelajahi seluruh sudut kotanya, Sahabat perlu menginap untuk beberapa hari di sana. Yuk jelajahi dan wisata ke Kuala Lumpur, Malaysia bersama Asia Wisata!

About Author

client-photo-1
winda

Comments

5 April 2017
Terima kasih min tipsnya, soalnya akhir bulan ini mau terbang ke malay infonya sangat berguna buat saya.
18 April 2017
[…] Untuk mendapatkan info wisata tip liburan ke Malaysia bisa langsung cek di “tips wisata Kuala Lumpur”. […]
komang sarmini
31 Oktober 2017
thank you.. jadi ada gambaran mau inep dimana Nov 2017 ini akan Ke KL juga..
Khansa Khansa
21 Desember 2017
Terimakasih telah datang ke web kami :)

Tinggalkan Balasan