Penting! Tips Mudik Lebaran

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Memasuki Ramadhan, yang langsung teringat oleh masyarakat khususnya umat muslim adalah mudik. Mudik adalah istilah untuk pulang ke kampung atau tanah kelahiran bagi perantau. Biasanya kegiatan atau tradisi mudik ini dijalankan setahun sekali yaitu saat Hari Raya Idul Fitri. Tiket mahal, antrian bahkan macet seharian bukanlah menjadi halangan. Agar perjalanan mudik kamu aman dan nyaman Asia Wisata dengan senang hati ingin berbagi tips mudik khususnya untuk yang membawa kendaraan.

Buat Daftar Keperluan

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Hal ini adalah yang pertama perlu kamu persiapkan. Agar semua keperluan tidak ada yang tertinggal sebaiknya jangan melakukan persiapan yang diburu waktu. Selain menghindari bawarang yang kelupaan atau tertinggal, daftar ini juga akan membantu kamu untuk mensortir barang apa saja yang sebenernya tidak perlu dibawa, bahkan hanya menambah beban saja.

Persiapakan Kelayakan Kendaraan

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Kelayakan kendaraan merupakan hal kedua yang terpenting agar perjalanan mudik aman dan nyaman. Perjalanan mudik yang ditempuh dengan waktu dan jarak yang tidak sedikit menuntut kamu untuk lihai dan teliti dalam melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi seperti masalah karburator ataupun lainnya. Biasakan service  kendaraan secara optimal di bengkel resmi sebelum mudik.

Kamu harus bersiap untuk semua keadaan darurat yang mungkin saja terjadi. Tidak ada yang bisa memprediksi kejadian masa mendatang, bersiaplah untuk kemungkin yg buruk namun tetap berusaha dan berdoa untuk mendapatkan yang terbaik. Dalam perjalan jauh, kamu juga perlu mempersiapkan P3K. Obat mual, pusing, masuk angin, minyak kayu putih, perban dan obat-obatan lainnya yang diperlukan, jangan lupa untuk memerikan tanggal expired  dari obat tersebut.

Cemilan dan Hiburan

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Perjalanan lama dan panjang, akan membuat kamu lelah, mengantuk dan jenuh. Terutama bagi pemudik yang membawa anak-anak, penting sekali membawa cemilan, makanan dan minuman untuk dijalan, serta membawa beberapa hiburan seperti mainan, boneka, CD anak-anak dan lainnya.

Layanan Gratis Otomotif

Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika kamu mendapat masalah dengan kendaran kamu. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.

Baterai dan Pulsa

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Nah, ini juga termasuk kedalam tips mudik yaitu urusan telepon selular. Saat ini benda satu ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.  Isilah pulsa dan baterai ponsel mu secara maksimal sebelum perjalanan, jika perlu persiapkanlah power bank.  Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon kamu tidak bisa digunakan. Selain baterai dan pulsa, kamu juga perlu pastikan bahwa provider yang kamu gunakan terjangkau saat nanti di kampung, jika tidak berarti kamu perlu membeli satu provider sementara selama mudik.

Tips Mudik : Persiapkan Kondisi tubuh

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan kamu juga perlu mendapat perhatian. Untuk menempuh perjalanan berjam-jam bahkan berhari-hari membutuhkan kebugaran dan kesehatan yang baik. Pastikan kamu dan keluarga dalam kondisi sehat sebelum memulai perjalanan jauh. Yang terpenting adalah jika kamu sebagai pengemudi merasa kantuk dan sangat lelah, jangan memaksakan untuk meneruskan perjalanan, berhenti dan beristirahatlah.

Comments

Tinggalkan Balasan