Tips Dalam Memilih Paket Tour

Tips Dalam Memilih Paket Tour

Waktu liburan sekolah sudah dekat, tidak sedikit masyarakat yang mulai mempersiapkan agenda liburan mereka, entah itu lokal maupun internasional. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atauĀ tips dalam memilih paket tour, agar liburan Sahabat nantinya menyenangkan dan tanpa hambatan.

Hal-hal di bawah yang akan kami sampaikan adalah info penting untuk Sahabat semua yang sering atau akan melakukan sebuah perjalanan seperti liburan atau traveling. Tidak sedikit yang mengabaikan hal tersebut, sehingga sering menimbulkan suatu kesulitan saat perjalanan berlangsung. Kesulitan atau kendala yang dihadapi tersebut akan semakin runyam jika Sahabat tidak bisa mengontrol diri atau bersabar. Khusus bagi Sahabat yang akan bepergian membawa anak-anak baca tips wisata bersama anak berikut!

Kesalahan dalam membeli paket tour biasanya terjadi bagi mereka yang jarang bepergian, pertama membeli atau bahkan yang sudah beberapa kalipun kadang masih saja melakukan sebuah kekeliruan dalam memilih paket tour. Sebagaian besar orang hanya mengutakam harga yang ekonomis.

Beberapa poin yang berkaitan dengan paket tourĀ adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal keberangkatan
  2. Biaya termasuk apa saja (include) dan Biaya yang tidak termasuk (exclude)
  3. Tip
  4. Pajak
  5. Rangkaian perjalanan atau Itinerary

Enam poin di atas merupakan hal yang selalu ada dalam sebuah paket tour, poin-poin itulah yang kurang diperhatikan oleh calon pembeli. Berikut agar lebih jelas, kami akan jabarkan keenam poin tersebut.

1. Tanggal Keberangkatan

Tips Dalam Memilih Paket Tour

Gambar di atas adalah contoh Paket Tour Kuala Lumpur -Singapore dari Asia Wisata. Di situ dijelaskan bahwa paket tersebut valid atau berlaku hingga 31 Maret 2017 dan hanya saat low season. Jika Sahabat akan bepergian pada bulan April, mohon untuk konformasi terlebih dahulu kepada travel agent yang menawarkan paket tersebut, ada kemungkin paket tersebut masih berlaku hingga April.

Nah, pada paket di atas ditulis bahwa “Departure Every Sunday (Malay Driver)” maksudnya adalah Paket ini bisa digunakan untuk keberangkatan Hari Minggu saja, tidak berlaku jika Sahabat memulai perjalanan atau sampai di tempat tujuan di hari lain. Maka carilah info untuk paketĀ tourĀ  jauh-jauh hari, agar Sahabat bisa mempersiapakan cuti kerja atau memperoleh tiket yang lumayan murah.

2. Tips dalam Memilih Paket Tour:Ā PerhatikanĀ Itinerary

Selanjutnya yang penting banget diperhatikan dalam memilih dan memesan sebuah paket tourĀ  adalahĀ Itinerary. Apakah itu Itinerary? Itinerary adalah rangkaian perjalanan atau aktivitas yang disediakan atau dilayani selama tour berlangsung. Hal yang perlu diperhatikan adalah tempat-tempat yang akan dikunjungi selama tour, ada paket yang bisa dibuat sesuai keinginkan pelanggan dan ada yang sudah baku tidak bisa disesuaikan dengan yang diinginkan oleh pelanggan. Biasanya paket yang bisa di-custom adalah paket private atau group sendiri. Namun untuk paket gabungan baik itu SIC maupun open trip rangkaian perjalanan atau destinasinya tidak bisa di-custom.

Seperti pada gambar di atas, paket tour tersebut adalah paket 5 Hari 4 Malam, artinya menginap di hotel/penginapan selama 4 malam. Jika pada hari ke 2, 3 atau ke 4 Sahabat tidak ingin mengikuti dan ingin melakukan perjalanan sendiri, ada beberapa paket yang memperbolehkan, namun ada juga yang tidak. Biasanya jika hal tersebut diperbolehkan, maka semua biaya yang dibutuhkan saat Sahabat pergi sendiri maka biayanya akan ditanggung sendiri. Ā Jika harus membayar dua kali seperti itu, mending Sahabat memilih paket private atau melakukan perjalanan solo/backpacker saja.

3. Include (Biaya Termasuk) dan Exclude (Biaya Tidak Termasuk)

Tips Dalam Memilih Paket Tour

Kemudian, pada gambar di atas dijelaskan Paket Termasuk (Include) dan Paket Belum Termasuk (Exclude). Dalam paket di atas dijelaskan bahwa:

Paket Termasuk (Include):

  1. Transportation service(SIC)
  2. 2 night stay at Arenaa Star Luxury Hotel, Kuala Lumpur
  3. 1 night stay at Sentral Hotel, Johor Bharu
  4. 1 night stay at Fragrance Selegie/Imperial Hotel, Singapore
  5. Daily Breakfast, 3 x Lunch, 4 x Dinner
  6. Admission for Wings of Time, Genting Skyway Ticket
    **if Cable Car not operation, will replace with coach transfer with no refund**
  7. Driver cum Guide (English/Indonesian/Malay Speaking)

Paket Belum Termasuk (Exclude);

  1. Tipping USD 4/ day/ tamu (Dibayarkan Di OFFICE JAKARTA)
  2. Personal Expenses (Laundry, Telephone & Minibars) and entrance fee and flight ticket and airport tax
  3. Peak season surcharge

Poin ini adalah hal yang sering kali keliru, karena banyak orang lalai memahaminya sehingga tidak jarang adu argumen antara tamu dengan agen. Tanyakan apa saja yang sudah termasuk ke dalam paket tour yang anda beli secara JELAS. Jangan sampai ada kesalah pahaman.Ā Yang sering salah paham adalah di saat pelanggan atau tamu beranggapan bahwa paket yang mereka beli tersebut adalah FULL BOARD sayang sudah termasuk biaya tiket pesawatnya.

4. Tips

Tips Dalam Memilih Paket Tour

Seperti contoh paket tour di atas, kita melihat bahwa TIPS belum termasuk di dalamnya. Ini berarti TIPS akan anda bayar ketika anda berada di BIS selama melakukan perjalanan. Gunakan sistem kolektif agar tidak mengganggu perjalanan. Ingat perjalanan anda harus menyenangkan. hehehehā€¦. šŸ˜€

5. Pajak (TAX)

Pajak, Mungkin ini tidak akan pernah hilang selama kita berbisnis. Dari contoh di atas, pajak adalah bagian yang tidak termasuk di dalamnya. jadi tanyakan kepada Agen travel anda, berapa besarnya pajak utnuk paket tour anda. Biasanya besar pajak sekitar 10% dari harga paket dan tidak termasuk harga tiket. PASTIKAN dan tanyakan secara jelas.

Untuk keterangan lebih lanjut bisa anda lihat juga di kolom paling terakhir biasanya ada kolom keterangan. Lihat apakah sudah termasuk anak-anak, Berapa banyak barang yang dibawa, apa saja barang yang tidak boelh dibawa dan lain-lain. Intinya PASTIKAN seluruhnya sampai lengkap sehingga ketika anda melakukan perjalanan tidak terganggu oleh hal-hal yang menyangkut Adminsitratif.

Oh iya, untuk makanan juga termasuk yang penting, dari contoh di atas, kita lihat hari pertama tidak ada makan, sementara hari kedua dan hari ketiga hanya ada makan pagi (MP). Jadi pastikan kamu mencari tempat makan yang murah di daerah HOTEL yang kamu tempati. Tanyakan kepada orang atau petugas hotel ā€œdimana tempat makan yang murah tapi bersih dan sehat serta HALALā€

 

Comments

Tinggalkan Balasan