Surga Tersembunyi di Langkawi Malaysia

Surga Tersembunyi di Langkawi Malaysia

Pernahkah Sahabat mendengar kata Langkawi Malaysia? Kata tersebut adalah salah satu nama lokasi yang merupakan surga tersembunyi di Malaysia. Langkawi bukan pulau tunggal namun merupakan kumpulan dari 99 pulau di Laut Andaman di Malaysia dan di lepas pantai barat daratan Malaysia. Banyak yang menyatakan bahwa Langkawi adalah surga tersembunyi dari Malaysia.

Surga Tersembunyi di Langkawi Malaysia

Simbol utama Langkawi adalah elang coklat kemerahan. Mengapa? Karena kata Langkawi telah diturunkan dari dua kata lokal. ‘Lang’ yang berasal dari kata ‘helang’ yang berarti Eagle, dan kata ‘kawi’ berarti ‘coklat kemerahan’. Pengunjung bisa melihat banyak elang coklat kemerahan di pulau ini, terutama jika menelusuri sungai melalui hutan bakau dan batu kapur, bahkan pengunjung dapat memberi makan elang dengan melempar ikan mati kecil ke dalam air.

Surga Tersembunyi di Langkawi Malaysia

Populasi pulau utama Langkawi adalah sekitar 75.000 dan jumlah penduduknya mendekati 110.000 orang. Mayoritas (sekitar 70%) adalah orang Melayu. Ada juga persentase kecil penduduk Cina, India dan Thailand di pulau ini. Meskipun populasi penduduk Langkawi sendiri kecil, namun angka pengunjung mencapai sekitar 3 juta wisatawan setiap tahunnya.

Pada bulan Juni 2007, Langkawi diberi status Geopark Warisan Dunia oleh UNESCO karena pemandangan geologisnya yang menakjubkan termasuk gua, tumpukan, lengkungan laut, batuan kapur dan fosil berumur jutaan tahun.

Surga Tersembunyi di Langkawi Malaysia

Langkawi diberi judul “The Jewel of Kedah” pada bulan Juli 2008 oleh Sultan Abdul Halim untuk memberikan dorongan ekstra pada potensi pariwisata pulau ini. Ibu kota Langkawi adalah Kota Kuah yang terletak di bagian tenggara pulau utama. Langkawi adalah pulau bebas bea, dan sebuah distrik negara bagian Kedah di Malaysia.

Lokasi Langkawi

Langkawi sebenarnya merupakan perpanjangan (sebuah distrik) negara bagian Kedah di Malaysia. Dari Kuala Kedah sekitar 51kms dari pantai dan di barat laut. Namun titik terdekat di pantai barat Malaysia dari mana orang bisa mencapai Langkawi adalah Kuala Perlis. Langkawi hanya 31kms dari pantai Kuala Perlis di sebelah barat.

Beberapa parameter lokasi Langkawi lainnya (jarak & arah):
• Kuala Lumpur ke Langkawi adalah 405 km (252 mil) arah Utara Barat
• Penang ke Langkawi berjarak 110 km (68,5 mil) di North West Direction
• Phuket (Thailand) ke Langkawi berjarak 250 km (155 mil) arah Selatan
• Singapura ke Langkawi adalah 703 km (437 mil) arah Utara Barat
• Koordinat Langkawi (Bujur, Lebar): 99.8500, 6.3167

Cara Menuju Langkawi Malaysia

Berikut adalah semua pilihan untuk sampai ke Langkawi dari berbagai tempat termasuk Kuala Lumpur, Kuala Perlis, Kuala Kedah, Penang, Phuket, Singapura dan tempat-tempat lain:

Mencapai Langkawi dengan Air

Langkawi terhubung dengan beberapa titik di Malaysia seperti Kulala Lumpur dan Penang, serta beberapa kota luar negeri lainnya seperti Singapura, Phuket (Thailand), Seoul (Korea Selatan), dan kota-kota di Australia, China, Jepang dll dengan koneksi udara reguler dan langsung. Bandara Langkawi terletak di Padang Matsirat dan dilayani oleh perusahaan penerbangan seperti Malaysia Airline, Air Asia, Silk Air dll.

Mendapatkan ke Langkawi dengan feri / perahu

Ada layanan feri ekspres reguler dari Kuala Kedah, Kuala Perlis dan Penang ke Langkawi (Kuah Jetty) dan kembali. Ada juga layanan feri harian antara Satun Thailand dan Kuah dari Langkawi. Check out Langkawi Ferry Services untuk mengetahui tentang rute, operator, jadwal, waktu tempuh dan informasi lainnya.

Mendapatkan ke Langkawi dengan jalan / bus

Tidak ada sambungan jalan sampai ke Langkawi. Namun pengunjung dapat berkendara dari daratan Malaysia (seperti Kualalumpur) di mobil  sendiri atau dengan bus ke salah satu tempat berikut:

  1. Terminal feri di Kuala Kedah yang terletak di pesisir barat laut Malaysia. Jika Sahabat/pengunjung berkendara di sepanjang North South Expressway (E1), ambil jalan keluar di Alor Setar Selatan, dan ikuti rambu-rambu tersebut. Dibutuhkan sekitar 6 jam untuk sampai di Kuala Kuala dengan mobil dari Kuala Lumpur.
  2. Terminal feri di Kuala Perlis lebih jauh dan memakan waktu sekitar satu jam lebih.

Bus / pelatih reguler tersedia antara KL dan Kuala Perlis (memakan waktu sekitar 8 jam). Bus berangkat dari terminal bus Pudu Sentral atau terminal bus Hentian Duta di KL. Bus berdiri di Kuala Perlis berada dalam jarak berjalan kaki dari dermaga feri.

Pengunjung akan mendapatkan layanan feri reguler setiap hari baik dari Kuala Kedah dan Kuala Perlis untuk mencapai Kuah Jetty Langkawi. Feri ekspres memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Kuala Kedah dan 1 jam 15 menit dari Kuala Perlis untuk sampai ke Langkawi.

Ada tempat parkir mobil berbayar yang tersedia di sebelah dermaga Kuala Kuala dan Kuala Perlis. Biaya parkir minimal RM15.00 per hari. Beberapa feri dengan ketentuan kargo juga bisa membawa kendaraan. Periksa Ferry Services untuk mengetahui jadwal feri dan informasi lainnya.

Mendapatkan ke Langkawi dengan kereta api

Meskipun tidak ada hubungan kereta api sampai ke Langkawi, Kereta Api Keretapi Tanah Melayu (KTM)  menjalankan layanan kereta api yang nyaman dan ekonomis dari Kuala Lumpur. Ini sebenarnya dimulai dari Singapura. Pengunjung bisa melihat pemandangan pedesaan dengan indah jika pengunjung naik kereta. Ini adalah perjalanan kereta semalam dan lebih lambat dari pada bus.

Pengunjung bisa turun di salah satu stasiun berikut:

1) Alor Setar (Kedah). Kemudian naik bus dan taksi ke dermaga feri di Kuala Kedah.
2) Arau (Perlis). Kemudian naik bus dan taksi ke dermaga feri di Kuala Perlis.

Dari dermaga naik feri ekspres untuk sampai di Langkawi. Periksa Ferry Services untuk mengetahui jadwal feri dan informasi lainnya. Untuk pemesanan dan pemesanan di Malayan Railway, teleponlah nomor telepon KTM berikut ini: 603/2267 1200, atau, 1 300 88 5862. Atau kunjungi situs KTM www.ktmb.com.my untuk jadwal dan pemesanan kereta.

Langkawi Cruises

Kapal pesiar penumpang melakukan perjalanan reguler  Langkawi. Star Cruises memiliki dermaga sendiri (atau dermaga) yang dikenal sebagai Star Cruise Jetty. Di sinilah sebagian besar kapal pesiar besar lainnya juga berlabuh.

Surga Tersembunyi di Langkawi Malaysia

Tempat berlantai 350m terletak dekat ujung selatan Pantai Tengah di daerah terpencil. Hampir tidak ada fasilitas di dermaga selain telepon dan ketersediaan peta & brosur. Hotel terdekat adalah Awana Porto Malai Resort (sekarang dikenal sebagai Resorts World Langkawi) yang berjarak sekitar 300 m.

Untuk info lokasi paket wisata Malaysia bisa cek di ASIAWISATA.COM

Comments

Tinggalkan Balasan