Mengenal Budaya Magelang

Berbicara mengenai wisata, tidak selalu tempat seperti pantai, danau maupun gunung yang menjadi tujuan seorang wisatawan datang berkunjung, melainkan juga karena ketertarikan mereka terhadap budaya yang dimiliki oleh daerah tersebut. Kali ini Asia Wisata akan berbagi mengajak sahabat semua mengenal keunikan budaya  Magelang.

Kabupaten Magelang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah dengan luas wilayahnya 108.573 Ha serta dikelilingi oleh Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong dan Pegunungan Menoreh.

Bukanlah sebuah hal yang baru jika ada pernyataan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budayanya. Keberagaman dan keunikan budaya yang dimiliki oleh setiap daerah Indonesia menjadi aset penting yang dapat menarik perhatian wisatawan.

Tari Soreng

Tari ini mengambil cerita Arya Pengsang dari Kadipaten Jipang Panolan yang menggambarkan kegagahan dan keterampilan prajurit berlatih perang mempersiapkan kekuatan untuk elawan Kerajaan Pajang.

Kuda Lumping

Mengenal Budaya Magelang

Untuk hal yang satu ini menggunakan properti kuda kepang (dari anyaman bambu), yang menceritakan ketika Sewandana Wuyung ketika mencari Dyah Ayu Sanggalangit dengan mengutus Senopati Wiroyudo yang dikawal oleh pasukan berkuda.

Kobra Siswa

Kesenian ini merupakan seni tari Islami yang lahr di Dusun Cabean, Kelurahan Mendut sekitar tahun 1960. Kobra Siswa merupakan kependekan dari “Kesenian obahing badan lan Raga”. Terian ini menggunakan properti berupa pedang kecil dan tameng yang dibuat dari bambu sambil diiringi dengan bende dan jedor serta lantunan syair-syair yang isinya adalah dakwah.

Tari Topeng Ireng

Mengenal Budaya Magelang

Tarian ini lahir di daerah Tuksongo, Borobudur sekitar tahun 1950an dengan menggunakan kostum dari janur aren dan dirias menggunakan jelaga (langes) yang berwarna hitam. Dalam perkembangannya sekitar tahun 1980an kostum berubah menyerupai pakaian suku indian dari Amerika, gerakan tarian ini mengambil dari gerakan pencak Jawa.

Jathilan

Mengenal Budaya Magelang

Ini adalah tarian yang pemainnya menggunakan kuda dari kepang atau anyaman bambu.

Tari Warokan

Tarian ini mengadopsi tari Warok pada Kesenian Reog Ponorogo yang juga sering ditarikan oleh anak-anak (Dojek Bocah).

Kuntulan Budaya Magelang

Merupakan seni tari Islami dengan kostum baju berwarna putih dan selempang serta membawa kipas. Tarian ini diiringi dengan rebana dan syair-syair yang bersifat Islami. Nama kuntulan diambil dari nama “Kuntul” yaitu burung sejenis angsa yang berwarna putih.

Angguk Rame

Ialah tarian yang bersifat ISlami diiringi lagu shalawat serta memainkan alat musik terbang.

Lengger

Nah, yang satu ini merupakan tari pergaulan yang dibawakan oleh penari pria dan wanita sambil diiringi musik gamelan. Dalam pertunjukkannya penari pria sering menggunakan topeng.

 

Comments

Tinggalkan Balasan