Deretan Kuliner Khas Lombok Mataram

Berbicara tentang perjalanan wisata atau sebuah kunjungan ke suatu tempat, tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan atau kuliner khas daerah tersebut. Kali ini Asia Wisata akan berbagi informasi menarik tentang Kuliner Khas Lombok yang bisa menjadi referensi untuk Kamu yang hendak berkunjung ke Lombok.

Sate Bulayak

Sate Bulayak adalah makanan tradisional khas Lombok. Terbuat dari daging sapi yang dilumuri dengan bumbu khas Lombok dan disajikan dengan lontong. Bumbu tersebut terdiri atas kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya. Rasa dari bumbu  tersebut mirip seperti bumbu kari. Perpaduan rasa pedas dan santan menjadi ciri khas sate bulayak.

kuliner-khas-lombok

Dinamakan sate bulayak, karena sate disajikan bersama lontong yang terbuat dari beras ketan. Lontong khas Lombok tersebut bernama bulayak. Di sinilah letak keunikannya, sate yang dijual selalu dipadukan dengan bulayak, sehingga menjadi satu paket menu.

Para penjual sate bulayak dapat Kamu temukan dengan mudah di sudut-sudut Kota Mataram. Dan tidaklah terlalu sulit untuk mencarinya, antara lain di warung-warung tenda sepanjang taman kota di Jalan Udayana hingga Jalan Sudirman.

Sate Rembiga

Belumlah ke Mataram jika belum mencicipi sate sapi rembiga. Kelurahan Rembiga berada tak jauh dari kawasan bekas bandara Selaparang. Meski tempatnya sederhana tapi rasanya membuat ketagihan siapapun yang mencobanya.

kuliner-khas-lombok

Sate sapi yang rasanya pedas manis gurih ini sangat nikmat disantap dengan lontong dan pelecing kangkung. Banyak wisatawan telah mengunjungi tempat ini. Bahkan sate rembiga beberapa kali ditayangkan di acara kuliner stasiun TV. Cara memasaknya sederhana, daging sapi yang telah dibumbui, ditusuki lalu dibakar dan diolesi minyak kecap. Namun rasanya berbeda dibanding sate sapi lainnya.

Sebaiknya datanglah sore hari agar tidak kecewa, karena terkadang sebelum pukul sembilan malam sate sudah habis. Tidak sedikit pembeli yang memesan sate rembiga untuk oleh-oleh dari Mataram.

Nasi Balap Kuliner Khas Lombok

Nasi Balap adalah salah satu ikon kuliner  Kota Mataram, sebagaimana nasi jenggo di Denpasar atau nasi kucing di Jogja. Salah satu untuk menemukan nasi balap di Kota  Mataram adalah dereta warung di Jalan Soekarno-Hatta.

Mengapa dinamakan Nasi Balap? Ada yang mengatakan karena porsi makanan yang sedikit sehingga bisa disantap dengan cepat. Ada pula yang beranggapan karena nasi itu dibuat dalam jumlah besar untuk diecer di kaki lima. Para pedagang nasi balap biasnaya menggelar dagangannya pada warung kecil di pinggir-pinggir jalan seperti Jl. Soekarno-Hatta, Jalan Pemuda, Jalan Airlangga, Jalan Majapahit, Jalan Sriwijaya depan RSU Mataram, depan Msjid Raya, dan lain-lain.

Comments

Tinggalkan Balasan