Keistimewaan Pantai Selong Balanak

Berbicara tentang pantai maka Lombok adalah salah satu tujuan yang akan menyajikan indahnya pantai dan laut. Tidak sedikit wisatawan menyatakan bahwa Lombok lebih menarik dibandingkan tempat lain, karena pantai yang ada di Lombok memiliki ciri khas dan karakter yang unik. Diantaranya adalah Pantai Selong Balanak, yang memiliki keistimewaan yaitu pantai panjang yang indah dan bersih.

Keistimewaan Pantai Selong Balanak

Pantai Selong Belanak bisa dikatakan sebagai salah satu pantai paling bergengsi di wisata Lombok, apalagi saat kita sedang membicarakan keindahan dan kebersihan pantai. Salah satu hal terbaik tentang pantai ini adalah bentuk pantai yang terlihat seperti bulan sabit. Pantai ini memiliki bentuk melengkung dengan bukit-bukit di setiap titik. Pantai ini merupakan bagian dari Selong Belanak Bay yang menghadap Samudera Hindia. Panjang garis pantai tidak kurang dari 1 km.

Sekitar seperempat bagian sisi selatan pantai digunakan oleh masyarakat setempat sebagai desa. Ada sekitar 40 keluarga yang bekerja sebagai nelayan disana. Tentu saja, kawasan ini tidak disarankan untuk berenang karena ada begitu banyak kapal nelayan yang beristirahat di sana. Jika ingin melakukan olahraga air, dianjurkan melakukan kegiatan dari sisi tengah ke arah utara pantai. Kawasan ini bebas dari aktivitas masyarakat setempat. Wisatawan lokal dan mancanegara dapat menggunakan kawasan ini untuk kegiatan pantai dan perairan.

Aktivitas di Pantai Selong Balanak

Pantai Selong Belanak memiliki pasir putih lembut yang berkilau dan kontur landai. Gelombangnya tidak begitu tinggi dan airnya sangat bersih. Wisatawan bisa bersantai di atas pasir putih, menjelajahi pantai, berjemur, berenang dan banyak lainnya. Wisatawan juga bisa pergi memancing dengan menyewa kapal nelayan kecil dari nelayan setempat atau jika Kamu tertarik dengan kehidupan masyarakat setempat, bisa langsung mengamati bagaimana mereka hidup seperti bagaimana anak-anak mengambil air untuk kebutuhan setiap hari, nelayan memperbaiki perahu, istri nelayan membuat sate dari tangkapan suami mereka dan banyak lainnya.

Keistimewaan Pantai Selong Balanak

Meski pantai ini sangat populer, namun bila dibandingkan dengan pantai lain, pantai ini relatif tenang, Kamu hanya akan menemukan beberapa turis menghabiskan waktu di pantai. Pantai akan begitu ramai selama musim liburan. Karena itu, jika Kamu mencari pantai yang memungkinkan Kamu untuk rileks dan menikmati keheningan, pantai ini sangat dianjurkan. Pantai ini tidak ramai, tapi kita tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya karena kita bisa menemukan begitu banyak warung di dekat desa nelayan. Kamu juga bisa menemukan ikan sate disana. Jika ingin menginap, Kamu bisa menyewa vila di daerah tersebut.

Cara Mencapai Pantai Selong Balanak

Pantai Selong Belanak terletak berbatasan 49 km dari Kota Mataram. Dengan mobil atau motor, Kamu bisa mencapai pantai dalam 1,5 jam. Dari Mataram, Kamu hanya perlu menempuh rute ke Bandara Internasional Lombok. Jika Kamu telah sampai di Masjid Junja Penunjak, selanjutnya harus membelok ke utara sampai Kamu menemukan pantai. Bila Kamu akan mencapai daerah tersebut, maka akan menemukan pemandangan pantai yang indah dari atas. Kamu akan menemukan sebuah teluk besar dengan laut mengkristal biru yang dibingkai oleh pasir putih melengkung.

Akses ke pantai ini cukup mulus meski harus naik turun dalam 15 km terakhir. Sepanjang perjalanan ke pantai, Kamu akan menemukan begitu banyak peternakan tembakau atau tanaman hortikultura. Begitu sampai di tempat parkir, Kamu akan menemukan beberapa cottage kecil dengan gaya tradisional yang unik. Berjalanlah sekitar 50 m dari tempat parkir dan Kamu akan disajikan dengan pantai bersih yang indah. Jika kamu ke Lombok jangan lupa mengunjungi desa pengrajin seperti Tenun, simak juga tulisan menarik tentang tenun khas sukarara Lombok. 

Comments

Tinggalkan Balasan