Aktivitas Ngabuburit Seru di Jakarta

Ramadhan sudah berjalan bahkan sudah mendakati akhir yang disambut dengan kemeriahan Idul Fitri. Satu istilah yang terkenal di Bulan Ramadhan ini yaitu “ngabuburit”. Istilah ngabuburit memiliki definisi kegiatan mengisi waktu luang menjelang waktu berbuka puasa. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka atau ngabuburit ini. Ada yang bersantai di rumah sembari menonton TV, mengunjungi pasar dadakan yang menjajakan takjil berbuka, bermain di taman, perbanyak ibadah seperti berzikir dan membaca al-Quran serta banyak lagi aktivitas bermanfaat lainnya yang dapat kamu lakukan.

1. Olahraga Ringan di Taman

Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta Pusat dapat ngabuburit id Taman Menteng. Taman yang dikelilingi jalan utama dan gedung perkantoran ini memang menjadi incaran warga untuk menunggu waktu buka puasa karena letaknya yang strategis. Tempat ini merupakan lokasi paling asik untuk berbuka puasa sambil menunggu macet saat jam pulang kantor. Banyak pedangan makanan yang berjualan di taman ini.

Aktivitas Ngabuburit Seru di Jakarta

2. Menikmati Alunan Musik Di Taman Suropati, Jakarta Pusat

Taman ini merupakan tempat paling asik bagi warga Menteng untuk ngabuburit. Pohon yang rindang dan suasa yang lebih tenang membuat taman ini asik untuk bermain anak-anak.

Sementara untuk orang dewasa, ngabuburit di taman ini bisa dilakukan sambil berolah raga. Jogging track dari batuan alam membuat kegiatan olah raga menjadi seru.

Banyak komunitas musik yang berlatih membuat warga terasa nyaman dan ingin berlama-lama berada di taman Suropati. Tapi tidak terlalu banyak pedagang yang berjualan di sini.

3. Menikmati Suasana Asri Danau Di Taman Situ Lembang, Jakarta Pusat

Taman ini juga ramai dikunjungi warga menjelang buka puasa. Tempat yang terkenal dengan makanan ‚Äėnasi gila‚Äô ini bisa menjadi pilihan tempat ngabuburit. Situ atau danau kecil yang berada di tengah-tengah taman menjadi daya tarik tersendiri.¬†Seperti namanya, taman kota ini memiliki danau buatan berbentuk yang memang tidak terlalu besar namun sangat asri suasananya.

5. Hunting Foto Di Area Musium Fatahillah

Kawasan kota tua memang tidak pernah sepi pengunjung. Saat bulan Ramadan, banyak warga yang berkunjung menjelang sore hari. Banyak komunitas sepeda dan motor berkumpul dan menggelar acara buka bersama di tempat ini. Banyak penjaja makanan di sekitar taman Pedagang pernak-pernik juga banyak menjajakan dagangan mereka di tempat ini. Kamu yang hobi foto juga bisa mengabadikan ornamen-ornamen tempo doeloe untuk koleksi album instagrammu.

6. Ngabuburit sembari Wara wiri di Pasar Santa

Pasar santa itu bukan pasar becek seperti pada umumbya, pasar ini sangat modern, bersih dengan konsep tata letak yang kreatif. Disini, kamu bisa melihat barang dagangan yang unik dan kreatif dari kumpulan anak muda, bahkan banyak event-event menarik yang sering diadakan disini, apabila adzan kamu bisa berbuka sambil membeli makanan dan minuman yang dijajakan di pasar ini.

7. Berburu Jajanan Berbuka Di Pasar Benhil, Jakarta Pusat

Serunya ngabuburit di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) Jakarta Pusat adalah banyaknya penjaja takjil dengan berbagai jenis makanan, mulai dari kolak, es campur serta makanan gurih lainnya. Pasar ini memang dikenal sebagai salah satu sudut untuk berwisata kuliner. Bagi yang tak kuat godaan tidak disarankan ngabuburit kesini ya.

8. Main Layangan Di Monas

Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat yang lingkungan sekitarnya memang luas dan tertata rapi, sering menjadi sasaran empuk para pelaku ngabuburit untuk sekedar olahraga sore dan jalan-jalan santai. Bagi kamu yang suka jogging dan bersepeda, spot di sekitar Monas bisa jadi pilihan yang cukup menarik untuk mengisi waktu sebelum berbuka. Dan bagi kamu yang hobi nostalgia sewaktu kecil, kamu juga bisa menerbangkan layang-layang di monas, dijamin ngababuburitmu bakal seru banget!

9. Ngabuburit Menikmati Senja di Ancol

Bermain dan bersantai sore hari di Ancol bukan saja dilakukan oleh masyarakat saat puasa Ramadhan, namun hari-hari biasapun juga demikian. Menikmati senja dan menunggu sunset  menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian orang. Ngabuburit di sini kamu juga tidak perlu khawatir bagaimana cara berbukanya, karena di sini banyak sekali yang menjual makanan dan minuman.

Aktivitas Ngabuburit Seru di Jakarta

10. Belajar Budaya dan Kesenian di Taman Ismail Marzuki

TIM atau Taman Ismail Marzuki ini tidak hanya tempat yang enak buat nongkrong, namun kamu juga dapat sekaligus belajar banyak tentang kesenian dan budaya di Jakarta. Taman yang berada di kawasan Cikini ini adalah tempat yang sering digunakan untuk serangkaian acara pementasan, teater, pemutaran film documenter, galeri, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan seni dan budaya.

11. Menambah Pahala di Masjid Istiqlal

Dan yang Terakhir, Memanjakan jiwamu dengan melakukan ibadah yang membuat dirimu tentram dan nyaman di Masjid Istiqlal. Selain menambah pahala puasamu, di masjid istiqlal kamu bisa saling sharing tentang agama dengan jemaah lain, bila tiba waktunya adzan, panitia akan memberikan takjil untuk pengganjal rasa haus dan laparmu.

Itulah 13 Tempat Ngabuburit Paling Asyik Di Jakarta, Semoga menjadi pilihan terbaik buat kamu supaya menyambut datangnya Adzan Magrib untuk berbuka puasa jadi gak  ngebosenin. Untuk info menarik lain mengenai ngabuburi bisa dibaca di 3 Destinasi Wisata Seru Ramadhan.

Comments

Tinggalkan Balasan